Sabtu, 29 Oktober 2011

Sea Games 2011 - Indonesia


Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara 2011 (disingkat SEA Games 2011) direncanakan akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia, pada 11-22 November 2011.

Sea Games kali ini akan diikuti oleh perwakilan 11 negara ASEAN yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei Darusalam, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Palembang dan Jakarta sendiri dipilih menjadi tuan rumah utama SEA Games XXVI berdasarkan keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menilai atas Palembang merupakan kota yang paling bersemangat dengan disertai kesiapan fasilitas gelanggang olahraganya.

Logo SEA Games 2011 adalah burung Garuda yang juga merupakan lambang negara Indonesia. Garuda secara fisik melambangkan kekuatan dan kepak sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan. Tarikan guratan hijau berbentuk gunung melambangkan alam pegunungan Indonesia dan di bagian bawah guratan gelombang berwarna biru melambangkan samudera nusantara.Disamping itu, burung Garuda di ranah Global dikenal secara luas dan langsung terasosiasikan dengan Indonesia.

Maskot resmi SEA Games 2011 ini adalah Modo dan Modi, sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, meliputi pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

Upacara pembukaan dilaksanakan di sepanjang Sungai Musi, melintasi Jembatan Ampera dan berakhir di Benteng Kuto Besak. Upacara penutupan akan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang. Palembang menyelenggarakan 21 cabang olahraga dari total 44 cabang olahraga.

Pada tanggal 10 November 2010 di Palembang, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia memulai hitung mundur satu tahun menuju SEA Games 2011.Acara pembukaan sendiri akan digelar pada tanggal 11 November 2011. Tanggal ini dipilih karena keunikan angkanya yang semuanya menunjukkan angka sebelas: 11-11-2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...