Minggu, 03 Desember 2017

Evaluasi Akhir Semester - APSI C



Tugas APSI
SI Tiket Pesawat

APSI C
William Budi J - 5115100063
Frieda Uswatun - 5115100071
Irsyad Rizaldi - 5115100152
R. Sidqi Tri P - 5115100153
3th December, 2017









Analisa Kebutuhan
Latar Belakang
Seiring dengan kemudahan akses internet yang mengakibatkan meningkatnya jumlah pengguna internet di seluruh dunia, praktik bisnis pun berpindah dari yang dahulunya konvensional saat ini menjadi daring. Sehingga penjual maupun perusahaan harus beralih dalam menawarkan produk dan jasa yang akan dijual ke konsumen melalui internet seperti dalam situs contohnya situs penjualan tiket pesawat secara daring, Traveloka.
Tiket pesawat menjadi salah satu pilihan konsumen untuk dibeli secara daring di situs karena dinilai lebih efisien, menghemat waktu, dan menghemat biaya pula. Perusahaan yang menjual tiket pesawat secara daring harus melihat bagaimana pentingnya konten-konten yang terdapat di dalam situs, karena kelengkapan konten akan sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian di situs tersebut.
Identifikasi Masalah
  • Perlu adanya sistem pembelian tiket yang bisa dilakukan dari rumah/remote
  • Pelanggan perlu tahu jadwal penerbang, ketersediaan tempat duduk, dan harga dengan mudah.
  • Pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan berbagai jenis cara (transfer, kartu kredit, online wallet)
Evaluasi dan Sintesis
  • Sistem offline menuntut pelanggan untuk pergi ke tempat pembelian tiket, sedangkan dengan sistem online pembelian dapat dilakukan dimana saja
Pemodelan
Untuk mengatasi hal ini maka dibutuhkan sebuah aplikasi online yang memungkinkan pemesanan tiket pesawat dari mana saja. Customer dapat mencari penerbangan, mengurutkan pencarian berdasarkan maskapai dan harga, melakukan pemesanan tiket pesawat, membatalkan pemesanan dan melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui e-banking, transfer lewat ATM, ataupun aplikasi. Semua data akan disimpan dan diolah oleh sistem.
Spesifikasi
    Dari permasalahan diatas, dapat disimpulkan bahwa diperlukan fitur untuk pencarian tiket pesawat dengan mudah & cepat, serta didukung sistem pembayaran yang bisa dilakukan dimana saja (lewat bank atau aplikasi).
Review
    Dari penjelasan diatas, memang diperlukan adanya aplikasi daring untuk pemesanan tiket pesawat guna mempermudah customer dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pemesanan tiket.
Perancangan Sistem Informasi
Use Case Diagram



Data Flow Diagram













Data Modelling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...